Kenapa Nulis Blog? | Day 1

Belakangan banyak yang nanya sama aku, "Kok kamu sekarang bisa jadi blogger?" atau ada yang penasaran sama bentuk pekerjaan aku yang kesannya jalan-jalan mulu. Padahal kerjaanku nggak cuma jalan-jalan lho, tapi yang aku bagi di dinilint.com ya cuma cerita jalan-jalan aja. Huehuehe.

Ya udah di post kali ini aku mau cerita tentang sejarah aku nulis di blog. Ini ada hubungannya banget dengan hobi jalan-jalan aku. Aku juga mau cerita serunya baca blog orang alias blog walking. Sampe aku belajar komitmen untuk jadi blogger beneran, sehingga dari ngeblog bisa dapat uang, yang bisa dipake lagi buat jalan-jalan. 


Nge-blog itu semacam masuk ke dalam kolam popcorn. Seru!


Travelling dan Nulis Blog


Awal mula aku ngeblog gara-gara hobi travelling. Dari dulu, tiap kali travelling, aku selalu cari tahu ada apa di tempat tujuan. Cara cari tahu paling seru ya dengan blog walking, berkunjung ke blog-blog yang mengulas tempat yang akan aku datangi. Biasanya ulasan blogger ini lebih jujur dan apa adanya daripada ulasan media atau profesional website. Aku jadi tahu apa yang bener-bener ada di tempat tujuan, dan persiapan travelling jadi lebih matang.


Mulai Nulis di www.dinilintangasri.blogspot.com


Nah, tiap pulang dari travelling aku selalu punya banyak stok foto dan banyak stok cerita. Sayangnya, aku tu orangnya pelupa. Jadi aku harus punya semacam buku harian untuk mencatat semua hal yang udah aku lakukan selama travelling. Aku pikir, kenapa aku nggak bikin blog sekalian ya.

Awalnya sih cuma unggah foto-foto liburan dengan caption. Tiap selesai travelling, pasti update blog. Lama-lama nggak cuma nulis caption aja, tapi mulai nulis hal-hal konyol yang terjadi saat travelling, seperti cerita ketinggalan pesawat karena lupa hari, kissing with stranger di negeri orang, sampe terpaksa jalan di aspal tanpa alas kaki karena kurang informasi.

Rajin Ngintip Blog Orang Alias Blog Walking


Aku masih selalu punya kebiasaan untuk cari informasi dengan baca blog orang lewat blog walking. Makin hari aku makin kenal dengan orang-orang yang berhasil membiayai perjalanan mereka lewat nulis blog. What??? Mereka bisa kenapa aku nggak bisa?

Tapi emang ya,, para travel blogger ini punya kualitas konten yang oke. Aku pun mulai belajar gimana caranya supaya seperti mereka. Gimana caranya punya foto bagus, gimana caranya bikin feed Ig rapi, gimana caranya bikin stories yang nggak ganggu, gimana caranya bikin video yang informatif. Ya,, siapa tahu aku juga dapat sponsor untuk jalan-jalan dari nulis blog kan.

Gabung Komunitas Blogger


Dari situ aku gabung ke komunitas blogger. Ada beberapa komunitas blogger yang pernah aku ikuti. Yang paling berdampak sama aku yang ikutan komunitas blogger perempuan Semarang bernama Ganjel Rel dan komunitas Blogger Perempuan yang sekarang berkembang lagi punya BP Network yang isinya nggak cuma perempuan.

Belajar Jadi Blogger Beneran


Dari komunitas aku belajar memberanikan diri untuk belajar nulis blog dengan lebih profesional. Aku mulai beli domain www.dinilint.com. Aku mulai komitmen untuk rajin nulis. Aku mulai merapikan niche blog ke travelling. Ini jadi salah satu alasan kenapa kelihatannya kerjaanku cuma jalan-jalan aja. Aku juga belajar rapiin media sosial-ku dan membuatnya relate dengan konten blog.

Dapet Duit Dari Nulis Blog


Kebiasaan nulis blog setelah travelling masih berlanjut sampe sekarang. Bahkan sekarang mulai dapat penghasilan dari blog, meskipun baru sedikit. Lumayan lah bisa buat bayar hotel. Pengennya sih di masa depan kerjaannya travelling, trus nulis blog, trus travelling lagi, trus nulis blog.

Eh, kalo kamu nulis blog juga nggak? Boleh tahu kenapa nggak?

- Dinilint -

Blogpost ini diikutsertakan dalam Blogger Perempuan Network 30 Days Blog Challenge 2018
Day 1 | Day 2 | Day 3 | Day 4 | Day 5 | Day 6 | Day 7 | Day 8 | Day 9 | Day 10 | Day 11 | Day 12 | Day 13 | Day 14 | 
Day 15 | Day 16 | Day 17 | Day 18 | Day 19 | Day 20 | Day 21 | Day 22 | Day 23 | Day 24 | Day 25 | Day 26 | Day 27 | 

Komentar

  1. Huee seru emng mb
    Berawal dr hobi kemudian merambah ke yg laenn

    BalasHapus
  2. tema travelling emang menarik untuk ditulis di blog ya

    BalasHapus
  3. Pingin nyemplung ke kolam popcorn mbakkk hehe

    BalasHapus
  4. Dari awal emg udah niche nya travel ya mbak. Jd ceritanya seputar jalan2. Asyiik

    BalasHapus
  5. Kalau aku dulu berawal dari pillow talk bareng suami, cerita banyak yang nanyain perihal persiapan pernikahan yang hanya berlangsung beberapa minggu jadilah nulis di blog gratisan dulu, tiga tahun berlalu baru beli domain juga :D

    BalasHapus
  6. Aku ngeblog karena suka baca n suka nulis..haha.. sama dgmu, awalnya suka baca blog orang lama2 bikin sendiri dan keterusan sampai sekarang..hehe

    BalasHapus
  7. Iyaa daku sekarang lagi bangun blog traveling walaupun isinya masih standar ngga keren kayak travel blogger betulan hahaha

    BalasHapus
  8. Pengen sering-sering jalan kaya dirimu, Lin. Tali sudah berbuntut 2 rempong banget, jadi agak malas apalagi biayanya jadi bengkak. Wkwkwk

    BalasHapus
  9. Semoga makin produktif menukis di blog ya, Mbak. Foto-foto Mbak Lintang juga bagus-bagus. Cocok deh ya kalo untuk memperkuat tulisan di blog.

    BalasHapus
  10. Paling seru memang menulis blog travel. Dari hobi traveling, kemudian diceritakan di blog, banyak yang baca dan suka, jalan lagi, nulis lagi, bisa menghasilkan duit ... luar biasa. Semangat terus, Din!

    BalasHapus
  11. Seru yaa.. dari hobi bisa ditulis di blog..eh hasilin duit jugaa..xixixi

    BalasHapus
  12. Awalnya aku nulis blog karena dari dulu aku orangnya pendiam kak. Aku susah banget menuangkan apa yang ada di pikiran ke dalam bentuk lisan. Makanya aku coba nulis. Dulu seringnya nulis cerita atau pengalaman waktu SMA. Dipikir-pikir seru juga nulis blog, kayak ada temen curhat. Sejak masuk kuliah pariwisata, aku jadi coba fokuskan untuk membuat blog yang lebih profesional dengan niche traveling. Dan sekarang jadi biggest passion aku, nulis blog dan traveling. Aku juga pengen banget kak dapat penghasilan dari blog. Traveling sambil dapat cuan kan lumayan.. hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)

Postingan Populer