naik motor di phuket


muter2 pulau indah itu emang paling enak naek motor. kenapa? menurut aku lapang pandang naik motor itu luas, nggak ada kaca yg menghalangi. udara langsung kerasa, g perlu pake AC ato nunggu si angin nylingsep lewat jendela. trus kalo bisa nyempil2, lewat jalan kecil, lewat mobil2 yg stuck karena macet. satu lagi, kalo nyasar tinggal puter balik tanpa susah2 atret :D.

jadi liburan di phuket ini aku berencana naek sepeda motor. soal mengendarai sepeda motor si aku bisa banget. kan makanan sehari2. tapi lain ladang lain belalang, mesti tau ATURAN BERMOTOR di negeri orang.

PILIH-PILIH

di phuket banyak banget persewaan motor. kayaknya tiap sudut ada orang sewain motor deh. cuman, cari motor non-matic atau mereka bilang geer-motorcycle susahnya minta ampun. padahal aku nggak biasa bawa motor matic. kondisi phuket yang naek turun itu sempat bikin miris kalo bawa motor matic. takutnya kalo pas turunan lupa nge-rem. blaik. tapi hasil cari the geer-motorcycle itu malah dapetnya motor2 tua yg kondisinya nggak jelas. malahan kami ditawarin motor sport kalo nggak mau pake matic. jyah,, tambah nggak bisa make nya om :(. jadi dengan prinsip "Tuhan pasti melindungi" kami pilih sewa motor matic dengan kondisi terbaik. kami nggak mau ambil matic kecil yg mesinnya ngeden. kalo jalan kok kesannya ringkih gimana gitu. jadilah dipilih motor matic dengan body gede yg larinya super yahud. 200B untuk 24jam. sebelumnya sempet coba sekeliling komplek GH, sekalian belajar :D.

BENSIN

tiap sewa motor selalu bensinnya minim bahkan habis. kami mesti nambah 50B biar bisa dibeliin bensin dulu karna motor yg kami minati bensinnya nggak ada sama sekali. kalo beli bensin di sekitaran pantai patong 40B per liter. kalo di pom bensin resminya yg ber merk esso atau shell 30,sekianB. beda banget harganya yah. tapi mendingan langsung isi full deh. daripada kejadiannya kayak kami. 
kami kira bensin 50B yg entah dapat berapa liter itu cukup buat sampe pom bensin terdekat. eh, pas tanjakan tahu2 mesin motor mati gitu aja. arghh, uda kebayang panas2 gitu mesti nonton motor di jalan tanjakan, turunan, tanjakan lagi sampe ketemu tukang bensin. thank God, ada mas2 penduduk lokal yang baik. di berhenti sebentar dan tanya 'what's our problem'. 'yeah, we ruin out our gasoline.'. si mas2 itu bilang, 'wait here, i'll be back.' trus swing, ilang gitu aja. kita cuma bisa diem di pinggir jalan sambil berdoa mas itu beneran baek, beneran balik, beneran bantu kami. yipie,, nggak berapa lama mas itu balik sambil bawa dua botol bensin. trus bantuin masukin bensin ke tangki, sampe mastiin mesin idup. 40B untuk 1 liter. Tuhan, terima kasih buat mas baek yang Kau kirim. mas baek, you are so sweet :)

SIM

sebelumnya saya sudah sempat tanya2 di milis soal sim ini. kata temen2 sim indonesia kesayangan saya itu nggak berlaku di thailand. kecuali saya punya sim international. ya mesti berdoa aja biar nggak ada razia. kalo nggak ada razia sih aman.
ternyata saya kurang beruntung teman2. di perbatasan mau masuk ke city, ada razia polisi. nggak ada jalan lain. nggak ada jalan tikus kayak di indonesia. ya wes lah. mau apalagi. pas pak polisi nanya sim kami, kami langsung mringis sambil bilang nggak punya sim. si bapak langsung nulisin surat tilang, trus menyuruh kami ke arah bangunan kotak di taman tengah jalan, tempat kami mesti bayar denda. 500B. ourghh.
ternyata yang kena tilang banyak juga. kami sampe mesti antri buat bayar. kebanyakan yang kena tu ya turis2 gitu, mulai dari nggak punya sim sampe nggak punya asuransi [blah, untung nggak nanya asuransi. kami juga nggak punya]. orang lokal ada juga yang kena. kalo dia masalahnya karena plat nomornya belum bayar pajak tahunan.
antri tandatangan beres. sekarang antri tunggu kembalian. saya suka sama cara kerja polisi thailand ini. duit denda langsung bayar pas harinya [bukan bayar buat pak polisinya]. yang nilang temennya di luar, yang ngurus duitunya temen laen lagi di dalam. semuanya ada surat - yg sebenernya buat saya kurang - jelas. sayang, suratnya pake tulisan - apalagi bahasa - thai yang saya nggak ngerti. ternyata, surat tilang kami itu berlaku seharian. jadi kalo ada razia lagi nggak perlu bayar lagi. tunjukin aja udah ditilang. yeay, ntar kalo mau tanya pak polisi nggak pake takut kena tilang deh.
besoknya kami masih nekat jalan lintas perbatasan pake motor. pas mau masuk pantai kata ternyata ada razia lagi. masak iya mesti bayar 500B lagi. kami pun sempet nemu belokan ke arah perumahan dan sempet diem mikir di sana. mau masuk ke pemukiman nggak bisa karena ada portal dan satpam yang jaga. mau balik, nggak sempet karena mau ngejar waktu check out. akhirnya kami pasrah aja deh. rencana mau nunjukin surat tilang yang kemaren sama muka melas bilang mau ngejar pesawat pulang. nah, pas mau deket tempat razia, kami ngintil di belakang orang lokal yang naek motor juga. belakang kami ternyata juga ada motor dengan pengendara orang lokal. mobil2 di depan di razia satu2. pas kami lewat, aman. hurray,,, save 500B. thank God

CUACA

pas kami bilang mau keliling2 naek motor, si ibu resepsionis GH bilang mending kami cek ramalan cuaca dulu di google. saya juga inget kata temen saya kalo cuaca di phuket itu ekstrim. dari yang panas buanget tiba2 hujan deres trus panas lagi. ya, kami juga uda ngalamin di hari2 sebelumnya. tapi pengalaman kami mengatakan hujan di phuket itu cuma bentar doang.
kami pun meremehkan ramalan cuaca yg bilang probability untuk hujan hari itu 60%. pagi sampe siang aman. tapi dari maghrib sampe malem ujannya nggak berhenti2. bahkan hujannya miring, sehingga menusuk muka pas lagi naek motor. hiks. kami yg tadinya lupa bawa jas hujan dan males beli jas hujan, akhirnya mampir di 7-11 buat ngopi sambil hunting jas hujan. jas hujannya lucu dan ringan kok. kami aja beli yang warna ungu sama pink. 
tapi tetep ya, naek motor pas hujan miring, gede, plus angin, apalagi motornya matic dan kontur pulaunya naik-turun tetep bikin gimanaaa gitu.

dinilintangasri.dla@gmail.com
@dini_lintang

Komentar

Postingan Populer