DIY: How to Make Sleeveless Simple Top (Cara Membuat Atasan Sederhana Tanpa Lengan)

"Lin, ajarin jahit dong." 
Oke I accept the challenge! Yok belajar jahit!


Pelajaran pertama mari kita membuat atasan sederhana tanpa lengan. 
Psst,,, berhubung aku suka banget sama batik dan mengelola geLintang, clothing line berbahan dasar batik, jadi pelajaran-pelajarannya bakalan pake kain batik. 



Yang kamu perlukan:
  • Kainnya,, kalo untuk ukuranku kain ukuran 1 m x 1 m juga udah bisa jadi atasan sederhana
  • Tank top / atasan tanpa lengan favorit sesuai ukuranmu untuk bikin pola
  • Kertas tembus pandang untuk pola,, aku bikin pake kertas minyak
  • Meteran
  • Pensil, bolpen, apapun untuk gambar
  • Jarum pentul
  • Benang, jarum, mesin jahit untuk jahit,, kalo nggak punya mesin jahit boleh coba-coba dulu pake jahitan tangan

Lipat tank top favorit jadi dua. Taruh kertas minyak di atas tank top. Trus dijiplak deh. Lakukan hal yang sama untuk bikin pola bagian belakang.


Kamu bakalan punya dua pola depan dan belakang kayak gitu. Kasih tanda M untuk muka dan B untuk belakang.


Lipat kain jadi dua bagian trus pasang jadi begini. Yang bagian tengah nempel di lipatan kain. 



Then pasang jarum pentul supaya polanya nggak geser-geser.


Tandai 2 cm dari pola seperti gambar di atas.


Untuk bagian lengan dan leher, tandai 1 cm


Jadinya seperti gambar ya. Aku sarankan untuk tandai di kain pake kapur kain yang tersedia di toko alat-alat jahit.


Potong mengikuti garis yang sudah kita tandai tadi.


Tempel pola muka dan pola belakang. Perhatikan,, kain bagian dalam atau bagian kain yang jelek ketemu dengan kain bagian dalam yang lain. Tempel dengan jarum pentul supaya tidak goyang. Untuk kamu yang baru pertama kali menjahit sebaiknya jahit telusur dulu kedua pola, kemudian jahit menggunakan mesin jahit.



Kalau sudah terjahit bagian kanan, kiri dan bahu, balik kain. Kemudian pasang lagi jarum pentul. Kemudian jahit lagi.


Hasilnya akan seperti ini. Ini adalah bagian dalam baju


Sedangkan ini adalah bagian luar baju


Sekarang kita mau bikin finishing untuk lengan dan leher. Potong miring sisa kain.


Aku biasanya bikin dengan lebar kira-kira 4 cm. Inget kainnya harus miring supaya serat kainnya nggak lari-lari dan bagus jatuhnya ketika dijahit.


Lipat jadi dua memanjang.


Tempel di sekeliling kerung lengan dan kerung leher di bagian luar baju menggunakan jarum pentul. 


Untuk kamu yang pertama kali jahit sebaiknya jahit jelujur dulu baru kemudian jahit dengan mesin jahit.


Sekarang balik ke arah baju bagian dalam. Pasang lagi jarum pentulnya, kemudian jahit.


Ini adalah penampakan baju bagian dalam. Untuk bagian bawah lipat sekitar 1 cm dua kali, kemudian pasang jarum pentul baru kemudian jahit. Aku lebih suka jahit pakai mesin jahit biarpun jahitannya kelihatan. Kalo guruku lebih suka di-sum supaya jahitannya nggak kelihatan.


Nah bagian luarnya jadinya seperti ini nih.


Yippie jadi deh.

Ini adalah tutorial pertama aku. Kalo kurang jelas ato ada pertanyaan apa bilang aja ya. Kalo komen di sini kasih nama please,,, kalo pake anonim nggak aku gubris. Kalo kesulitan komen di sini boleh tanya lewat email, ig, twitter, fb, whatever you like.

Blog post ini aku repost ke www.gelintang.wordpress.com. Untuk ke depannya, segala hal yang berkaitan dengan DIY fashion dan jahit-menjahit akan aku post di sana.

Terima kasih untuk kamu yang udah ngikutin tutorial ini sampe akhir. ;)
Dinilint.

Komentar

  1. Thankyou mbaaa buat tutorialnya, clear bgt step dan foto2nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Emanuella,,, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. Mbak Tutorialnya lengkap banget dan aku semakin paham, bagaimana caranya mengjahit.

    Ada satu yang aku kurang paham nih, ...Kalau sudah terjahit bagian kanan, kiri dan bahu, balik kain. Kemudian pasang lagi jarum pentul. Kemudian jahit lagi.

    Aku mau dong, diajariii....aku bikin bagian atas, pas pundak, jahitannya selalu lepas, apa kurang kencang menjahitnya, atau bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Astin,,, jadi semangat bikin tutorial lagi nih :)
      Kalo lepas gitu kemungkinan jahitannya kurang kencang mbak. Yuk yuk belajar bareng,, aku juga masih belajar banget kok

      Hapus
  3. Wooow. Terima kasih tutorialnya. Tapi aku masih ragu buat bikin baju sendiri hahaa Aku agak kurang mengerti soal potong kain miring sisa kain itu untuk finishingnya. Ah sepertinya aku lebih cocok liat tutorial dari video hahaha. Maaf penggambaranku jelek kalau cuma liat dari foto saja haha 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih udah main ke postingan dari tahun lalu. Tahun ini aku berusaha bikin video tutorial. Jadi satu, dan satu lagi masih stuck di proses editing. Ahahaha.

      Hapus
  4. Sama-sama kak! Soalnya tertarik sama postingan DIY2 ini hehehehe
    Uwoooow mantap. Tutorialnya masuk di utube kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niatnya mau bikin tutorial di Youtube: Gelintangbydinilint. Setelah 4 bulan baru ada 1 video, karena pas edit video ke-2 berasa lama banget durasinya. Pengen aku percepat tapi masih mentok sampe hari ini. Komenmu bikin aku pengen edit video ke-2 lagi deh biar lebih proper. Thank you.

      Hapus

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)

Postingan Populer