Naik Kereta dari Butterworth (Penang) ke Bangkok

Perjalanan saya di Penang sudah berakhir. Hari ini saya siap berpindah ke Bangkok. Ini yang saya tunggu-tunggu karena saya pengen naik sleeper train. Sleeper train ini kereta internasional antarbangsa dimana kursinya bisa berubah menjadi kasur alias tempat tidur.


Saya beli tiket antarbangsa ini via email.
Pembayaran dilakukan di stasiun sehari sebelum keberangkatan. Kalo reservasi via emailnya sekitar sebulan sebelum berangkat. Menurut jadwal, perjalanan Butterworth (BW) - Bangkok akan makan waktu sekitar 20 jam.


1.30 pm
Tiba di stasiun BW. Saya masih nunggu di ruang tunggu yang agak jauh dari peron bersama turis mancanegara yang lain. 


2 pm
Masuk ke peron BW, mendapati kereta antarbangsa hanya 2 gerbong. Kereta berangkat tepat waktu


3 pm
Petugas menawarkan menu makan malam lengkap (main dish, buah, tea/coffe). Bisa dibayar menggunakan ringgit ataupun bath


4 - 5 pm (antara)
Berhenti di Hat Yai untuk mengurus imigrasi. Barang tetap ditinggal di kereta dan tidak pemeriksaan. Kami harus tunggu petugas imigrasi siap di tempatnya


6 pm
Paket makan malam datang. Saatnya makan. Makanannya enak :d


8 pm
Kursi kami mulai bertransformasi menjadi kasur. Lengkap dengan sprei, bantal, dan selimut, juga tirai penutup penjaga privasi


9 pm - pagi
Tidur. Zzzzz


Pagi
Beberapa turis sudah duduk manis dan kasurnya sudah kembali menjadi kursi. Saya pilih nutup tirai dan melanjutkan tidur2an, baca buku, nonton film, foto2


Siang
Saya cari2 petugas untuk beli makan. Ternyata gerbong sudah bertambah panjang - entah di stasiun mana. Sayangnya saya nggak nemu petugas untuk pesan makan atau minum. Tadi pagi petugas sudah keliling menawarkan makan si,, tapi saya males keluar dari tirai super nyaman saya. Nasib


10 am
Petugas mengubah kasur saya kembali jadi kursi. Mestinya jam segini udah sampe. Ternyata molor juga.


12 am
Hai Bangkok. Total perjalanan 22 jam. Puassssss

D.L.A

Komentar

Postingan Populer