Surat Cinta di balik Visa Korea Selatan

Dear ibu pegawai travel agen langganan,

Sudah sekitar dua tahunan ini keluarga kami percaya sama layanan travel agen tempat ibu bekerja. Saya ingat terakhir kali pakai jasa travel agen tempat ibu bekerja dalam rangka pembuatan visa jepang. Saya bahkan rekomendasikan teman saya untuk bikin di travel agen tempat ibu bekerja. Saat itu yang melayani saya bukan ibu, melainkan rekan ibu yang muda dan ramah.

Saya berharap, ketika kembali lagi ke travel agen tempat ibu bekerja, saya menerima pelayanan yang memuaskan. Hari itu saya datang lengkap dengan persyaratan visa korea selatan dari daftar yang diberikan oleh travel agen tempat ibu bekerja. Paspor asli, copy ktp, copy akta lahir, copy kartu keluarga, surat reerensi bank, copy buku tabungan, copy tiket pesawat, bukti penginapan, surat sponsor, dan pas foto latar belakang putih 4x5, itenary selama di korea, sampai perkiraan budget sudah saya siapkan. Semuanya baik-baik saja. Sampai Anda melihat jumlah saldo tabungan saya. 

Anda mengharapkan saya menambah jumlah saldo tabungan saya supaya berjumlah sepuluh kali lipat. Saya berkata ketika saya mengurus visa jepang saya tidak perlu menunjukan kepemilikan sekian puluh juta dan visa saya diterima. Tapi Anda menolak dan mencari-cari alasan demi saya menambah jumlah saldo tabungan saya. Saya ingat kata rekan Anda yang muda dan ramah, bila saya menambah saldo tabungan secara mendadak, ada kemungkinan untuk ditolak karena curiga uang tersebut hanya pinjaman. Salah satu pelanggan Anda pernah ditolak visanya karena tabungannya mencurigakan. Anda tetap berharap saya menambah saldo tabungan saya.

Ibu pegawai travel agen langganan, saya tidak punya uang sebanyak puluhan juta. Apakah saya tidak boleh bepergian? Apakah traveling ke luar negeri milik orang kaya saja?

Saya pilih diam dan mencari alternatif yang lain. Di Semarang ini banyak travel agen yang bersedia membantu menguruskan visa ke luar negeri. Dengan berbagai syarat tentunya. Saya memilih Agen Travel Modern di jalan gajahmada. Begitu datang dengan dokumen lengkap saya disambut dengan hangat. Bahkan saya tidak perlu bolak-balik ke kantornya, karena begitu visa saya jadi saya tinggal transfer dana dan visa diantar sampai ke rumah. Ya, saya dapat visanya. Dengan tabungan saya yang apa adanya ibu pegawai travel agen langganan. Ups,, sekarang sudah ganti langganannya.


Terima kasih Tuhan, saya diijinkan melanjutkan perjalanan menikmati ciptaanMu. Thanks to South Korean Embassy for accept my visa aplication. Terima kasih Agen Travel Modern Semarang dalam membantu pengurusan visa. Thanks to myself for not giving up to make dream come true.

@dinilint
budget traveller yang uang nggak banyak-banyak amat

Komentar

  1. mbak mau tanya, kalau mau apply visa ke korea saldo minimal harus brpa? ada yg bilang sampe 50 juta? mahal bngt ya :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi miaphy!
      iya kalo travel agent rata2 minta minimal saldo 50 juta. Tapi kalo aku berpatokan pada berapa dana yang bakal aku habiskan di korea (tiket, makan, hotel / penginapan, belanja). Pihak kedutaan nggak pernah kasih minimal saldo tabungan kok ;)

      Hapus
  2. hi kak, aku mau nanya dong. Aku kan mau ke Korea 5 harian, kira kira kalo tabunganku adanya cuma sekitar 15-18jt an bisa ga ya? Karena katanya bisa dikalkulasi dari minimal sehari 1jt x berapa hari, syukur syukur masih ada sisa uang. Thank you sebelumnya

    BalasHapus
  3. Mba boleh minta alamat sama no tlp travel agentnya. Kebetulan saya stay smrg jg. Makasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)

Postingan Populer