Pengalaman Membuat SIM Internasional

Bermodal SIM keluaran Indonesia, aku berhasil punya SIM internasional yang bisa dipakai di 92 negara. Ini adalah kali pertama aku membuat SIM internasional.


proses pembuatan SIM internasional

Untuk cara bikin SIM nternasional, tinggal ketik SIM internasional di browser google, nanti akan muncul situs untuk pembuatan SIM internasional milik Korlantas Polri. Kita diharuskan bikin akun di situs tersebut. 


Keterangan untuk langkah apa saja yang harus dilakukan cukup jelas di situs SIM internasional-nya Korlantas Polri. Sayangnya, hanya keterangan di langkah awal aja.


Proses Online dan Gampang Banget

Yap, untuk langkah awal proses pembuatan SIM internasional yang dilakukan secara online ini gampang banget. Aku cukup melakukan unggah data berupa foto: foto diri, KTP, SIM yang masih berlaku.


Selanjutnya ada pilihan untuk minta bikin SIM internasional jenis apa. Aku pilih SIM B karena aku butuh untuk nyetir mobil biasa di luar negeri. Kalau misal minta untuk setir bajaj atau truck, pilihannya beda lagi. Untuk tahu jenis SIM-nya ada keterangan di situs SIM internasional.


Proses Pembayaran dan Halaman Error

Setelah unggah semua data, muncul jumlah dana untuk ditransfer lengkap nomor rekeningnya. Aku sedikit ragu saat proses pembayaran. Sebelum masuk ke halaman pemberitahuan pembayaran, aku sempat masuk ke halaman error. Aku pun tidak menerima pemberitahuan dalam bentuk email untuk proses pembayaran.


Jadilah sebelum transfer dana, aku blog walking dulu ke teman-teman yang sudah punya pengalaman membuat SIM Internasional. Hasil blog walking, ada teman yang membuat SIM internasional secara online, bayar via transfer, dan berhasil.


Modal percaya

Ya udah, modal percaya sama instansi kepolisian, aku transfer dana.

Lagi-lagi aku dapat tantangan. Nomor rekening yang tertera tidak menyebutkan bank apa, melainkan kode bank 987 (ATMBplus).


Kalau hasil googling kode bank 987 merupakan rekening bersama. Ini berarti aku hanya bisa transfer melalui ATM karena harus memasukkan kode bank. Proses transfer tidak bisa dilakukan melalui proses internet banking karena tidak ada pilihan untuk transfer ke virtual account.


Kebetulan pula saat aku melakukan proses pembuatan SIM internasional secara online ini, cuaca sedang hujan. Aku punya waktu 2 jam untuk melakukan transfer sebelum dataku dibatalkan. Ya udah aku hujan-hujanan ke ATM utk transfer. 


Akhirnya dapet email

Tepat setelah transfer, datang email yang mengabarkan bahwa data dan pembayaran untuk pembuatan SIM internasional-ku sudah diproses. Lega.


Intinya, aku harus mengikuti tiap langkah sampai transfer, baru muncul info kalau data aku sudah masuk ke dalam sistem.


Cek progress SIM internasional lewat web

Selanjutnya proses menunggu. Nah saat proses menunggu ini aku bisa melihat status progress pembuatan SIM internasional-ku lewat situs SIM internasional. Situs yang sama tempat aku unggah data untuk pembuatan SIM internasional.


Kalau berdasarkan pengalaman teman-teman yang sudah berhasil membuat SIM internasional secara online, waktu antara input data dan SIM internasional dikirim ke alamat rumah, cepet banget. Hari ini masukin data, besok SIM internasional-nya sudah dikirim ke rumah.


Kalau berdasarkan pengalaman aku, butuh waktu 2 minggu dari proses input data sampai SIM internasional diantar ke rumahku di Semarang.


Sebenarnya waktu input data, pengolahan, hingga cetak, cuma butuh waktu sekitar 1-2 hari saja. Pas bagian tunggu packing itu bisa satu minggu lebih. Setelah packing akan ada status dikirim, dan ada no resi yang bisa kita lacak. 


But at the end, it goes happy ending. Selanjutnya, tinggal pakai SIM internasional di negara orang.


Begitulah pengalaman aku membuat SIM internasional. Terima kasih sudah membaca ceritaku.


Lintang.

Komentar

  1. Uwaaaaah ternyata mudah yaaa. Mau suruh suami buat buat, jd kalo ada plan sewa kendaraan di LN, udh gampang.

    Sbnrnya suami punya mba. Dulu buatnya di Finland pas dia msh tinggal dj sana. Tapiiiii mukanya di foto udh jauuuh berbeda.. Soalnya bikin SIM international di Finland masa berlakunyanya lamaaa bgttt. Sampe usia suami 55 ntr. hahahahahahaha.

    Cuma krn mukanya pas bikin masih kinyis2, dan tirus, lah skr udh chubby, aku kuatirnya malah ga dipercaya hahahaha. Jadi mau aku suruh bikin yg SIM international dr Indonesia juga. Biar aman 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak, gampang banget bikin SIM internasional. Tapi mesti sabar sama birokrasi kepolisian Indonesia tercinta ini. Pas aku bikin kan on time. Nah, pas temenku bikin lumayan agak delay seminggu atau dua minggu gitu. Trus ada temen lain lagi bisa kena delay sebulan dengan alasan blangko-nya habis.

      Btw, gapapa kali mbak pake foto masih muda. Biar polisinya sana pangling. Wkwkwkwk. Btw, enak banget ya bikin SIM international di Finland, awetttt. Kalo yang Indonesia ini cuma berlaku 3 tahun tok.

      Hapus

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)

Postingan Populer