Tahun-Tahun Bahagia Bersama Air Asia

Saat aku kecil,
saat naik pesawat terbang masih di batas imajinasi,
perasaan bahagiaku meluap-luap ketika ibu membawakan miniatur pesawat terbang.
Beliau juga bercerita tentang pengalamannya terbang ke negeri seberang, menyesap wine pertamanya yang ternyata nggak cocok di lidahnya, dan betapa inginnya dia membawa anak-anaknya ikut dalam penerbangan bersamanya.

Bertahun-tahun kemudian, anaknya nggak sebatas mendengar cerita tentang asiknya berpindah dari satu tempat ke tempat lain naik pesawat terbang. Anaknya mampu terbang sendiri, menjelajah dunia di seberang sana, dan bertemu lebih banyak orang, rupa, dan peristiwa.


Terima kasih untuk Air Asia yang sudah mewujudkan mimpiku, dan mimpi ibuku, untuk terbang.


Pertama kali ke luar negeri


Perjalanan pertamaku bersama Air Asia sama dengan perjalanan pertamaku ke luar negeri. Tahun 2010, tepatnya di Bulan November, aku mulai membeli tiket pesawat pertamaku dengan uang sendiri untuk pergi menjelajah Singapura. Mengapa Singapura jadi negara pertama? Ya karena Air Asia punya rute Jakarta-Singapura dengan harga yang bersahabat, bahkan sangat bersahabat.

Foto wajib untuk yang pertama kali ke Singapura

Perjalanan pertama kali ke luar negeri ini sungguh meninggalkan kesan buat aku, dari mulai kangen ibu saat berada di pesawat, jadi orang bego ketika tiba di Bandara Changi dan membutuhkan waktu 2 jam untuk keluar dari bandara, membayar mahal makanan di restoran yang berakhir nggak kumakan karena nggak sesuai dengan selera, dan peristiwa-peristiwa konyol lainnya.

Begadang demi tiket promo


Di tahun 2011, aku dapat tiket promo untuk pergi ke Phuket, Thailand. Aku bahkan berhasil ngomporin temen-temen yang lain untuk  beli tiket promonya Air Asia dan travelling ke Phuket. Itu adalah masa-masa ambisius di mana aku harus mendapatkan harga paling murah. Aku rela begadang demi hunting tiket promo, dan pergi ke ATM jam 2 malam demi dapat tiket promo.

Hasil begadang demi tiket promo: Phuket!

Thank God, kami jadi dapat tiket promo, meskipun bukan yang paling murah. Tapi perjalanan ke Phuket kala itu sungguh menyenangkan. Di Phuket aku dikomporin gerombolan nenek-nenek dan kakek-kakek untuk loncat dari atap kapal ke laut. Sempat menyesal pas di udara, tapi terus ketagihan untuk berkali-kali lompat.

Masa-masa ambisius


Selain ambisius hunting tiket promo, di tahun 2011 adalah masa-masa ambisiusku untuk pergi ke luar negeri. Aku kembali travelling ke Singapura bersama Air Asia. Lagi-lagi Singapura, karena lagi-lagi tiket murah dari Air Asia membawaku ke sana. Kali kedua ke Singapura, aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk main di taman dan menjajal rute MRT dari ujung ke ujung. Yes, salah satu alasan kembali ke Singapura saat itu adalah untuk riding the MRT :D :D :D

Naik sleeper bus di Vietnam

Di tahun yang 2011 juga, di bulan berikutnya aku terbang lagi bersama Air Asia ke Ho Chi Minh City, Vietnam. Rute Vietnam kupilih karena kami dapat tiket promo Air Asia yang dibeli beberapa bulan sebelumnya. Yas, promo gila-gilaan Air Asia emang bikin happy. Aku bisa dapat harga sampai seperempat harga aslinya.

Aku merasa nyaman terbang bareng Air Asia di rute-rute pendek. Meski aku bayarnya harga promo, tapi pelayanannya nggak didiskon. Flight-nya tepat waktu, awak kabin ramah, pesawat bersih dan nyaman, dan pilotnya handal, tiap take off dan landing mulus.

Terbang lebih jauh bareng Air Asia X


Di tahun 2012 aku memberanikan diri untuk mencoba rute yang lebih jauh bersama Air Asia X. Lagi-lagi aku dapat harga promo untuk rute Jakarta - Tokyo. Ya, maklum, aku anaknya baru mampu bayar tiket promo aja, jadi Air Asia such an angel to me.

Butuh bawa koper karena travelling saat winter. Mulai pesan bagasi saat book tiket Air Asia.

Berhubung rute panjang, aku pesan bagasi dan pesan makanan. Proses pemesanan bagasi dan makanan untuk penerbangan bersama Air Asia X gampang dan menyenangkan. Makanannya juga enak dan sangat membantu aku di penerbangan dengan durasi panjang yang gampang bikin kelaparan.

Mengulang penerbangan panjang bareng Air Asia X


Karena ketagihan dengan penerbangan jarak jauh bareng Air Asia X, tahun berikutnya aku berburu tiket promo Air Asia dengan rute ke Jakarta-KL-Seoul. Penerbangan Jakarta-Seoul bareng Air Asia X yang ini nggak kalah seru dengan penerbangan sebelumnya. Kami tetep bisa pesan bagasi dengan gampang di website-nya jauh-jauh hari sehingga dapat harga bersahabat, kami juga pesan makanan enak sebelum flight di website dan mendapat makanan enak yang mengenyangkan selama penerbangan. Yang pasti, harganya sangat bersahabat dengan kantong.

Tahun-tahun menyenangkan bersama Air Asia



Tahun-tahun berikutnya aku tetep setia pake Air Asia untuk perjalanan lainnya. Aku pergi ke Phuket, Thailand, balik lagi ke Singapura sekaligus ke Penang, Malaysia, hingga ke Bangkok, Thailand, pergi ke Yangon, Myanmar, dan yang terakhir adalah menikmati Angkor Temple di Siem Riep, Kamboja. Rute-rute ini aku nikmati bareng Air Asia.

Mengapa Air Asia?


Jadi mengapa aku setia banget pergi-pergi ke luar negeri bareng Air Asia dan Air Asia X?
  • Murah. Yap, ini alasan utama aku memilih Air Asia. Aku selalu dapat harga bersahabat ketika bepergian menggunakan Air Asia.
  • On time. Meski murah, tapi Air Asia punya layanan yang bagus banget. Jadwal penerbangan Air Asia selalu on time. Kalau pun ada perubahan jadwal dan penundaan keberangkatan, Air Asia selalu memberikan informasi mengenai hal tersebut jauh-jauh hari, sehingga aku bisa menyesuaikan rencana perjalanan.
  • Website Air Asia sangat mudah digunakan (user friendly). Meski saat ini penerbangan Air Asia nggak tersedia di OTA Indonesia, tapi aku tetap cek harga penerbangan Air Asia via website dan aplikasi. Web dan app-nya mudah digunakan dan menyenangkan.
  • Proses pembelian tiket Air Asia menyenangkan. Untuk mendapatkan harga terbaik Air Asia, paling asik mantau harga tiket dan pesan tiket lewat website resmi dan aplikasi. Kalau sudah punya akun tinggal ambil aja data penumpang, klik klik, dan bayar.
  • Pembayarannya banyak pilihan, bisa bayar pake debit card maupun credit card.
  • Kalau nggak butuh bagasi nggak perlu bayar lebih. Bayar sesuai yang aku butuh. Aku adalah traveler yang berusaha bawa sesedikit mungkin barang dan males nungguin bagasi keluar. Jadi, pilihan untuk nggak perlu beli bagasi jadi poin plus buat aku.
  • Makanannya enak dan banyak pilihan. Yes, selama ini pilihan makanan Air Asia selalu jadi salah satu yang paling enak. Pilihannya juga banyak. Selain makanan berat juga banyak makanan kecil dan snack. Penerbangan jadi menyenangkan.
  • Awak kabin yang ramah. Aku selalu tersentuh dengan senyuman yang tulus, dan awak kabin Air Asia adalah salah satu awak kabin yang menyenangkan. Oh, aku juga suka dengan seragamnya mereka yang selalu modis dan enak dilihat.
  • Interior pesawat yang cerah dengan dominasi warna merah, musik di dalam pesawat saat proses naik turun penumpang, dan kebersihan pesawat jadi poin plus buat Air Asia. 

View dari jendel Air Asia saat terbang ke Seoul


Rute domestik Air Asia yang bikin bahagia


Aku terbang bersama Air Asia nggak cuma untuk travelling ke luar negeri aja. Aku juga pelanggan Air Asia untuk rute domestik. Ada cerita menarik akhir-akhir ini tentang perjalananku bareng Air Asia di rute domestik.

Geng ambyarrr berencana buat ketemuan di Jakarta saat weekend. Padahal di hari Sabtu aku masih harus kerja. Aku sempet sedih sih nggak bisa ikutan ke Jakarta bareng Geng Ambyarrr. Ternyata pas cek harga dan jadwal di app Air Asia, aku dapat harga Rp. 300 ribuan untuk rute Semarang-Jakarta. Asiknya lagi, ada 3 flight untuk rute Semarang-Jakarta. Untuk weekend gateaway tentu saja rute, harga, dan jadwal ini menyenangkan.


Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sprinkle Stardust (@dinilint) pada

Proses pembelian tiket yang super gampang


Proses pemesanan tiketnya semudah buka aplikasi Air Asia di smartphone, pilih tanggal keberangkatan, pilih rute. Berhubung aku udah anggota Big Member-nya Air Asia aku tinggal klik dataku di sana. Klik. Lanjut ke pembayaran yang ada pilihan mau pake kartu debit atau kartu kredit. Aku juga punya pilihan untuk pesen makanan di menu Santan yang enak, nambah bagasi (untuk rute domestik udah ada bagasi 15 kg), pilih tempat duduk, sampai ke asuransi

Singkat cerita, aku berhasil ketemu Geng Ambyarrr di Jakarta, meskipun cuma sebentar banget. Meski sebentar, tapi kami happy berat. Bahagia. Emang Air Asia tahu aja caranya bikin bahagia. Makasih Air Asia.


Untuk tahun-tahun ke depan, aku akan tetap pantau harga tiket dan rutenya Air Asia, aku akan tetap mewujudkan impian travellingku bareng Air Asia, aku akan tetap nyobain menu-menu dari Santan-nya Air Asia. Bahagia emang terbang bersama Air Asia.
Terima kasih Air Asia, kamu jadi salah satu alasan bahagiaku.

Dinilint.

Komentar

  1. Salam kunjungan dan follow disini ya. Salam kenal dari Malaysia :)

    BalasHapus
  2. Udah banyak ya pengalamannya terbang bersama AirAsia. Dan, kerasa banget kalau AirAsia udah bisa ajak ke destinasi impian ya. Aku belum kesampaian nih ke Vietnam. One of my wishlist. Mau nyobain sleeper busnya juga kayak kamu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Om. Air Asia ini jadi salah satu gerbang buat aku wujudin mimpi buat jalan-jalan deh. Nggak kerasa, udah banyak aja pengalaman terbang bareng Air Asia.

      Semoga bucket list ke Vietnam segera terwujud. Kalo naik sleeper bus kasih range waktu sekitar 3-4 jam dari jadwal sesungguhnya yaaa.

      Hapus
  3. Air Asia memang rutenya sangat banyak, harga relatif terjangkau dan pelayananannya sudah pasti juara. Keren banget, semoga aku bisa ikutan menjelajah ASEAN seperti Mbak :)

    BalasHapus
  4. Wah asyik nya terbang bersama Air Asia. Aku baru beberapa kali pakai AA itupun masih dlm negeri saja mbak. Next smoga bisa kyk mbak ke LN dengan Air Asia pastinya.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah kak booking air asia padahal langganan email nya hehehe. Btw Luang Prabang itu dimana ya?
    Boleh lah ini coba Air Asia, murah tapi nggak murahan ya pelayanannya

    BalasHapus
  6. Saya kadang-kadang perhatiin cerita teman-teman yang begadang untuk tiket propmo AirAsia. Saya belum pernah cobain. Tetapi, pernah terbang bersama AirAsia. Memang bikin puas maskapai ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,, penasaran sih mbak.
      Kalo sekarang udah nggak. Pilih tidur ajaaa.

      Hapus
  7. Aduh kayaknya aku harus bikin travel historygram kayak punyamu deh. AirAsia ga bisa dipungkiri membuka jalanku menjadi seorang traveler loh. *langsung berkaca-kaca nostalgia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikiiiin!
      Pasti udah panjang banget nih.
      Iya. Air Asia emang istimewa. Bikin aku bisa terbang :D

      Hapus
  8. Keren udah berani ke luar negeri sejak 2010, Din. Saat itu masih kuliah apa udah kerja? Aku tahun 2010 masih jadi mahasiswa yang uang sakunya ngap-ngapan :D
    Selamat udah berhasil ke Jepang sama Korea Selatan, Din. Aku masih struggling buat mewujudkan trip ke 2 negara itu. So, tell me, itu kan long haul flight, gimana cara kamu bertahan selama penerbangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kerja aku. Ketahuan angakatannya yaaa. Hahaha.
      Jadi, aku travelling itu ketika udah kerja, pake duit sendiri.

      Travelling ke Jepang dan Korsel itu semua modal nekat. Kalo nggak nekat, aku nggak jalan-jalan. Puji Tuhan, bisa :D

      Hapus
  9. Air Asia emang top best mbak. Hahaha
    Apalagi dengan banyaknya tiket promo bikin kita kalap buat pergi travelling kemana-mana.

    BalasHapus
  10. Every one can fly beneran slogan AirAsia. Aku juga Pertama kali terbang ke luar negeri Agustus tahun 2010 backpackeran bawa 2 balita ke KL. Abis itu September 2010 ke Singapura. Dan setelah itu selalu hunting free seat.Berkat AirAsia juga bisa liburan keluarga besar ke luar negeri. Bukan free seat sih tapi promo.Kalau nggak ada AirAsia paling liburan keluarga besar cuma angan angan . Good luck mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih keren,, aku masih nggak kebayang lho backpackeran sama balita.
      Aku juga nggak dapet free seat mbak, dapetnya tiket promo. Tapi tetep membantu banget dalam cerita jalan-jalanku, dulu, sekarang, dan semoga sampe nanti.

      Hapus
  11. lucu ih ada infografisnya, haha. seru banget sih mbak bacain perjalanan bareng Air Asia ini ya ampun. Semoga berikutnya makin banyak berkunjung ke negara-negara lain bareng Air Asia ya mbaakk, suksess..

    BalasHapus
  12. Banyak banget kenangan saya naik Air Asia, tapi sayang jarang foto-foto di pesawat atau bandara, so pas mau ikutan lomba blog Air Asia nggak percaya diri.

    BalasHapus
  13. Bahaha, murah emang alasan utama. Kayaknya kita sama deh, anaknya murah gitu 😂😂

    Alasan keduaku suka naik AA karena pramugarinya "menyegarkan". Cinta banget akutuh sama pramugari AA.


    Ahaha, Thanks ya Dini untuk sharingnya. Seru babget ceritanya

    BalasHapus
  14. Sampe dibikin infografis tahun-tahun menyenangkan sama Air Asia. Ditunggu perjalanan selanjutnya bersama Air Asia ka Dini. Happy holidays~~~

    BalasHapus
  15. AirAsia dulu jadi andalan saya dan temen-temen mudik dari Jogja ke Padang... pesennya dari sekitar setengah tahun sebelum keberangkatan.

    Sekarang sih masih tetep jadi andalan. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air Asia emang such an angel untuk banyak orang ya.

      Hapus

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)

Postingan Populer