Photostory dari Moja (Museum of Jakarta)

Pernah dengar tentang MOJA? Moja ini kepanjangannya adalah Museum of Jakarta. Lokasinya ada di sekitaran Pondok Indah. Moja semacam ruang kreatif yang seru untuk dijadikan objek foto-foto. Jadi post kali ini bakal lebih banyak fotonya. Ya gimana, emang kalo udah ke MOJA kegiatan wajibnya foto-foto dan bikin video.


MOJA punya berbagai macam ruangan bertema film atau cinema yang seru dijadikan objek foto. Pastikan kamu bawa kamera kalo main ke MOJA. Tapi kamu nggak perlu bawa terlalu banyak wardrobe karena di tiap ruang waktu kamu terbatas.


Aku juga nggak bawa banyak wardrobe atau baju ganti sih. Rencananya setelah dari MOJA aku dan temanku akan lanjut ke Stasiun Gambir. Mengingat rute yang muter-muter dan macetnya Jakarta, jadi kami sekalian bawa barang bawaan kami. Thank God bisa nitip barang di MOJA meskipun nggak ada loker. Aman!


Kalo mau main ke MOJA, kamu harus perhatikan jam berkunjungmu. Meskipun MOJA buka dari jam 11 pagi sampe 7 malam, tapi ada slot-slot tertentu. Tiap slot begitu ada kapasitas berapa orang yang bisa masuk. Misal kamu telat antri di slot 1 yang mulai buka jam 11, berarti kamu harus nunggu di slot ke-2 yang baru buka di jam 14. Tujuannya ya biar semua pengunjung enjoy dan happy, bisa menikmati tiap ruangan di MOJA dengan maksimal.


Ada beberapa aturan yang diterapkan oleh MOJA. Termasuk nggak boleh manjat-manjat. Aku sendiri kena tegur karena lupa sama aturan ini. Hasrat memanjat sulit untuk dilepaskan. :-P. Petugas yang ngingetin ramah dan ngasih tahunya dengan asik. Tujuannya juga biar pengunjung aman dan tetep happy.


Uniknya MOJA ini, tiap ruangan punya tema sendiri-sendiri yang berasal dari judul-judul film. Makanya dia kasih judul scene 1: cinema. Mmm,, kemungkinan ada scene lanjutannya dong. Penasaran.


Charlie and Millenial Pink Candy Room ini aku rasa plesetan dari judul film Charlie and Chocolate Factory. Sesuai dengan namanya, ruangan ini berwarna pink dan penuh dengan permen. Pengunjung bahkan dapat permen ketika masuk ruangan ini.


Ready Player MOJA ini plesetan dari judul film Ready Player One yang bertema game. Ruangan ini juga bertema game. Serunya, ada beberapa game jadul yang bikin nostalgia ke masa-masa indah dulu. 


Ada beberapa ruangan yang emang didesain untuk sponsornya MOJA. Salah satunya berjudul Catch Me If Lion Can. Tahu dong siapa sponsornya. Tentunya ruangan ini plesetan dari judul filmnya Leonardo di Caprio Catch Me If You Can.


Ruangan Colorconception ini plesetan dari judul film Conception. Ruangan berwarna biru laut dan putih ini bikin persepsi jadi beda. Berasa masuk ke ruangan apa gitu. Selain buat foto-foto, sensasi berada di ruangan ini secara langsung asik juga.


Desain ruangan di MOJA ini emang detail dan asik. Lihat aja ruang transit dari satu ruang ke ruang lain ini. Keren kan.


Detail ruangan MOJA juga bisa bikin pengalaman masuk ke dunia di dalam cinema. Pas masuk ke ruangan Cloudy With A Swing Of Happiness, yang tentu saja plesetan dari judul film Cloudy And A Chance Of Meatballs, aku merasa seperti masuk ke dalam film kartun yang ceritanya naik ke atas pelangi lengkap dengan sensasi nginjek awan putih.


Petugas di MOJA juga bisa bantuin kita untuk ambil foto dan video. Bahkan mereka udah hafal angle mana yang paling oke untuk foto di suatu ruangan. Foto sama temen jadi lebih asik. Ini salah satu foto yang diambilin oleh petugas secara candid. Ruangannya berjudul Captain Snowman's Underpants, plesetan dari judul komik Captain Underpants.


Nggak cuma ruangan warna-warni aja, MOJA juga punya ruang-ruang aneh dengan visualisasi yang berbeda. Guardians of The Projected Universe, plesetan dari judul film Guardians of The Galaxy adalah ruangan gelap dengan proyeksi warna-warni. Berasa disiram cat gitu pas aku masuk ke dalam. 


School of Disco, plesetan dari judul film School if Rock juga seru. Beneran berasa masuk ruang disko lengkap dengan musik disko dan lampu warna-warni.


Di ruangan The Pursuit of Butter, plesetan judul film The Pursuit of Happiness ada kolam popcorn besar yang dibuat dari kolam bola berwarna putih dan kuning. Kapan lagi bisa masuk kolam bola tapi nggak rebutan sama anak kecil, bonus dapat popcorn di ruangan ini.


Life of MOJA yang berasal dari plesetan judul film Life of Pi berisi kaca, kaca, dan kaca. Jadi inget infinity room yang ada di MACAN kan.


Total ada 14 ruangan di MOJA ini. Main ke MOJA ini nggak berasa, tahu-tahu udah selesai aja. Kalo udah selesai kamu bakalan balik lagi ke area lobby, di mana ada merchandise yang bisa kamu beli untuk kenang-kenangan. Kalo laper ada cemilan juga buat ganjel perut.


Untuk harga tiket masuk MOJA, menurutku worth it sih dengan pengalaman yang didapatkan. Aku datang saat weekday dan pengunjungnya selalu ada. Bahkan pas aku udah selesai aku lihat antrian orang-orang yang nunggu jam masuk di slot ke-2. Kalo kamu mau main ke MOJA, sebaiknya kamu niat dan datang sebelum jam slot yang kamu kehendaki dimulai.


Makasih udah mau baca www.dinilint.com sampai sini :)
Beberapa format photostory pernah aku post juga di blog ini, seperti:
Travelling ke Melaka. A Photostory From An Amateur.
My Photostory About Pati and Jepara
Fall In Love in Korea
-Dinilint-

Komentar

  1. Cakep ya mba apalagi jika berkunjung bersama sahabat, semoga bisa berkunjung kesana juga. Tfs ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mainnya bareng temen yg narsis juga mbak. Jadi sama2 seneng foto & bisa bantu fotoin. Hehe.

      Hapus
  2. Satu kata: AWESOME! Moja dengan ragam spot menariknya yang bikin acara foto-foto jadi lebih seru dan berwarna, juga aturan-aturannya hahaha. No climbing! :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Pokoknya nggak boleh panjat2, ntar takutnya jatuh, properti ikut rusak, bikin rugi aja. :-p

      Hapus
    2. Kasihan juga pengunjung yang jatuh, ntar lecet qiqiqiq :D

      Hapus
  3. Seru amat ke MOJA ini. Selain poto2 buat socmed bisa mengapresiasi seni modern. Terus terang Saya jarang mengunjungi museum mkdern

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah banyak fotonya di sosmed ya kang kalo seni modern begini. Hehe

      Hapus
  4. Wah, seru banget nih. Udah lama pengin ke Moja, tapi nggak pernah kesampaian. Padahal sudah bolak-balik ke Pondok Indah Mall. Kapan-kapan harus dipaksain ke sini nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lega aja mbak. Moja kayaknya bakalan eksis lama karena banyak yang suka.

      Hapus
  5. Kakak itu tiap slot jeda waktunya 3 jam ya? Jadi jam 11 dan jam 14. jam 17 tutup gitu ya?

    Penasaran emang Kakak sampai manjat manjat gitu ngapain sih? Lihat apa? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang jam 17 itu untuk pegawainya istirahat juga bisa. Intinya mereka punya kuota pengunjung, kalo lebih dari kuota dipersilakan masuk di jam berikutnya. Biar nyaman juga pengunjungnya di dalam, nggak kebanyakan orang.

      Haha. Di bagian cloudy kan ada ayunan, nah aku berdiri di ayunan. Nggak boleh. Bolehnya duduk di ayunan.

      Hapus
  6. Wuih, kece juga nih.
    Tapi berapa lama 14 ruangan itu akan bertahan dengan tema film yang sudah mereka tetapkan sekarang? pastinya juga pengunjung yang sudah pernah berkunjung butuh suasana baru dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurutku sih, pasti mereka akan ganti-ganti desainnya per jangka waktu tertentu.
      Karena kan seperti galeri, koleksinya pasti ganti-ganti. Jadi pengunjung lama nanti bakalan balik lagi kalo ada desain baru yang tentunya lucu dan asik.

      Hapus
  7. Iya Moja keren nih kalo lihat dari foto yang LIntang share di sini. Lorong transfer antar ruang pun unik, bisa buat pepotoan jugak. Dan aku penasaran Lintang emang manjat-manjat di mana, kok nggak boleh, ahahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa semuaaa. Emang tempatnya didesain untuk instagramble banget. Haha.

      Aku naik ayunan, tapi berdiri di ayunannya bu. Nggak boleh. Bolehnya cuma duduk aja. Tapi emang licin banget sih di ayunan itu.

      Hapus
  8. Fotonya bagus-bagus Mbak. Engga rugi walaupun tiketnya rada uwow sih. Btw...kasian pa Satpamnya engga bisa keliling dong. Hehe...ada koper unju dititip nih...

    BalasHapus
  9. Instagramable itu penting di era digital begini. Mereka suka mengekspresikan diri melalui foto2 diri. MOJA memberikan kesempatan tsb dan justru menambah rasa penasaran saya untuk bisa merasakan kegembiraan di dalamnya..

    BalasHapus
  10. MOJA akan ada terus atau sampai waktu tertentu aja? Seru, nih! Pastinya jangan sampai battere kamera habis

    BalasHapus
  11. Aduh cakepnya. Kayanya semua sudut di MoJa ini kece2 banget untuk foto2 ya kan.

    BalasHapus
  12. Kece banget sih tempatnya. Ini memang tempatnya buat foto-foto pas banget. Keren yang ada awannya itu loh dari apa ya material yang jadi awan itu?

    BalasHapus
  13. Museumnya kece banget. Jauh dari keadan jadul kalau ada kata museum. Instagramable banget, cocok nih buat foto-foto

    BalasHapus

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)

Postingan Populer