Tempat Piknik Seru di Semarang dengan Nama Lucu. D'Pong, Wisata Keluarga yang Bikin Tambah Bahagia

Makin hari Semarang makin punya banyak pilihan untuk piknik. Salah satunya adalah di d'Pong, area wisata keluarga di daerah Gunung Pati Semarang. Kemarin aku main seharian di d'Pong. Wahana untuk seru-seruan di d'Pong emang banyak banget sehingga butuh waktu seharian biar puas. Mulai dari leyeh-leyeh sambil foto-fotoan di hammock, main ATV dan mini motor trail, high rope, flying fox, naik kuda, kasih makan rusa, sampe main paint ball udah  aku cobain semua. Ini nih ceritanya.


Seru-seruan main di Wisata Keluarga

Aku dan temen-temen sengaja berangkat pagi, sekitar jam 9 pagi dari pusat Kota Semarang menuju d'Pongs di daerah Gunung Pati. Perjalanan menuju d'Pongs memakan waktu sekitar 30 menit dengan mobil, nggak jauh kan? 
Pssttt,, kalo kamu datang di d'Pongs saat weekday seperti aku kamu nggak perlu ngantri dan berasa punya tempat wisata keluarga untuk kamu sendiri.
Begitu sampai di d'Pongs udara perbukitan yang minim polusi sudah menyambut kami. Sayangnya,
saat aku datang, d'Pongs lagi dibangun di sana-sini sehingga kesan pertama yang aku tangkap, wahana wisata keluarga ini belum jadi. Ternyata emang owner d'Pongs, Ibu Lia, sengaja membangun d'Pongs ini satu persatu, nggak langsung jadi semua gitu. Ya bayangin aja, luas area d'Pongs secara keseluruhan ada 4 hektar.


Meskipun terkesan belum jadi, tapi sebenernya d'Pongs ini sudah beroperasi sejak libur Lebaran 2018 kemarin. Hari ini aja nggak berasa aku betah seharian di d'Pongs. Beneran nggak berasa lho, datang pagi dan tahu-tahu udah sore. d'Pongs sendiri buka dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore.

Naik ke hammock kedua ini perjuangan banget

Hal pertama yang aku dan temen-temen coba adalah foto di hammock bertingkat. Kan kalo lihat di foto-foto ala anak gunung yangfoto di hammock bertingkat, kesannya seru. Pada kenyataannya, perjuangan banget buat naik ke hammock tingkat kedua, bahkan tingkat ketiga. Aku pikir cara naik hammock adalah dengan bantuan tangga yang disandarkan di pohon. Ternyata naik hammock nggak segampang naik tangga. Tangga yang kami pake adalah tangga kayu, yang tingginya nggak setinggi hammock tingkat ketiga. Kami tetep harus akrobat sedemikian rupa untuk bisa naik ke hammock. Meskipun susah, tapi sepadan dengan hasilnya kok, foto ciamik dan kami males turun dari hammock. Haha.

Naik mini motortrail

Puas mainan hammock, kami lanjut main ATV dan mini motor trail. Main di d'Pongs ini diperhatikan banget safety-nya. Semua yang main harus pake helm. Ada track yang seru dengan banyak tikungan. Aku rasa ATV dan mini motor trail ini dibikin untuk anak-anak, tapi aku dan temen-temen yang udah gedhe ini tetep aja kegirangan keliling berkali-kali di rute ATV dan mini motor trail ini. Xixixixi.

Susah juga nembak target

Kami juga bisa nyobain panahan. Jangan dipikir panahan itu permainan gampang. Aku nyobain berkali-kali dan berkali-kali gagal. Hiks. Padahal tangan udah lumayan pegel karena alat panahan yang dipake adalah panahan yang gedhe dengan tali kolor, eh apa sih itu tali yang molor-molor buat nembak panahnya, yang elastis tapi lumayan butuh energi buat nariknya. Kayaknya mesti latihan lebih banyak lagi deh ini.

Manjat-manjat tali. Lihatnya seru, mainnya lebih seru!

Kami lanjut lagi dengan main high rope alias panjat-panjat pake tali di atas pohon atau ada yang bilang outbond. Alat-alat high rope nya masih baru banget, lengkap dan safety-nya terjamin banget. Bahkan aku dapat sarung tangan supaya tangannya nggak sakit pas menaklukkan tantangan high rope. High rope di d'Pong terdiri dari 9 tantangan, di antaranya adalah flying fox, jalan di atas tali, jalan di ayunan, jalan di jaring-jaring, dan beberapa tantangan yang namanya aku nggak tahu. Hahaha.

Kalo lewat tantangan ini bisa lari

Meskipun udah ada tantangan flying fox saat main high rope, ternyata ada juga wahana khusus flying fox. Kalau yang flying fox beneran, lintasannya lebih tinggi dan lebih jauh. Untuk nyobain flying fox yang ini aku harus naik menara yang ketinggiannya sekitar 3 lantai. Kalau beruntung aku bisa lihat laut di sebelah utara dan bisa lihat gunung di sebelah timur. Cakep. Kalo flying fox-nya sendiri, seru banget. Puas lah teriak-teriak saking serunya.

Rusa cakep yang doyan makan

Berhubung fisik udah lumayan capek, sesi berikutnya adalah sesi kasih makan rusa. Rusa yang ada di d'Pongs ini rusa warna coklat dengan tutul-tutul putih. Cantik. Katanya rusa-rusa ini asalnya dari Kebun Raya Bogor. Kami dipersilakan masuk ke kandang rusa sambil bawa makanan rusa. Aturannya nggak boleh gerak secara mendadak karena bakal bikin si rusa kaget. Seru banget bisa ngasih makan rusa tanpa terhalang teralis kandang. Semacam bisa mencinta tanpa terhalang beda agama. *halah

Hai Jack!

Puas main dengan rusa, aku juga ikutan main sama kuda. d'Pongs punya beberapa koleksi kuda, dari mulai kuda poni yang imut sampe kuda besar asal Australia. Kalo aku beraninya nyobain kuda lokal bernama Jack yang badannya nggak terlalu tinggi. Koko berani nyobain kuda Australia bernama Grandis. Aku ngelihat Grandis yang lagi 'garang' langsung ciut nyali. Ternyata baru ketahuan kalo si Grandis ini lagi sakit gigi. Duh, kasihan. Semoga cepet sembuh ya Grandis.

Paint ball dengan fasilitas oke banget.

Sesi terakhir di d'Pongs adalah mainan paint ball. Berhubung kami bersepuluh, jadi kami bagi tim jadi 2. Ada tim biru; Koko, Diko, Mbak Untari, Mbak Nia, Erina melawan tim merah; Zain, Mbak Ika, Bu Wati, Mara, dan aku. Kalo kamu main paint ball, kamu pasti bakal dipinjemin baju, nah baju di d'Pongs ini baru dan wangi. Seneng deh. Peralatan main paint ball di d'Pongs juga masih bagus banget. Tembakannya aja pake tembakan seri terbaru. Namanya apa, aku lupa, tapi kamu bisa lihat di foto aku.

Semua foto punya Dikoko Production

Seru deh main seharian di d'Pongs. Buat yang penasaran kenapa namanya d'Pongs, ternyata asalnya dari nama desa di daerah tersebut, yaitu Pongangan. Lucu ya namanya. Sekali denger langsung terngiang-ngiang. Bahkan anak yang baru belajar ngomong juga bisa bilang Pong. Ya,, emang d'Pongs diciptakan untuk tempat wisata seluruh keluarga.



d'Pongs
Jl. Kol R Warsito S (Manyaran-Gn.Pati) No.3, Desa Pongangan, Gunung Pati, Semarang.
0821-2776-8964, 0812-9760-1100, 0819-031901994
Fb: d'Pongs Wisata Keluarga
Ig: @dpongs_wisatakeluarga

- Dinilint -

Komentar

  1. Lagi rame ya wisata kek gini, ama keluarga, pasangan atau sahabat jadi seru nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,, banyak yang suka, jadi banyak yang menyediakan

      Hapus
  2. Wah , baca artikel ini sambil ngeliat foto foto dan videonya aja seru.
    Apalagi kalau datang kesana langsung yaa.

    Nanti deh ketika long weekend kesana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas,, lebih seru kalo nyobain langsung :D

      Hapus
  3. Seru banget emang kemaren tuh. Jadi pingin lagi aku blm coba flying foxnya

    BalasHapus
  4. duh rasanya seharian kemarin belum cukup deh, pengen main lagi kesana .

    BalasHapus
  5. Pongangan keren ya punya tempat wisata keluarga yang asik begini. Itu kalau mau naik hammock yang tingkat kedua caranya gimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, seru kan Pongangan.

      Kemaren sih aku pake bantuan tangga. Tp bisa juga akrobat gitu, 2 tangan 1 kaki dicantolin dl di hammock trus badannya diputer ke atas.
      Bingung nggak bayanginnya?

      Hapus

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)

Postingan Populer