Tutorial Cara Membuat (How To Make) DIY Off Shoulder Top

Yeay, saatnya bikin baju sendiri lagi. Kali ini aku bikin off shoulder top. 


Menurutku off shoulder top itu salah satu baju yang gampang dipake, nyaman, dan nggak perlu effort berlebih saat pake, tapi bikin kita tampil beda. So, let's make DIY off shoulder top.

Untuk membuat sebuah DIY off shoulder top aku butuh bahan:
  • satu potong kain batik ukuran 2 x 1 m
  • elastic
  • benang sesuai warna batik
Pertama-tama aku mesti tahu ukuran bahuku.


Jadi ukuran bahu ku adalah *.
Nah, sekarang ukuran bahu (*) kita bagi 4. Katakan ukuran bahuku adalah 100 cm, dibagi 4 sehingga dapat 25 cm. Atau untuk selanjutnya aku tulis */4

Kemudian aku potong 2 pola persegi panjang 
  • ukuran */4 x 10 cm 
  • ukuran */4 x 15 cm
Dua persegi panjang tadi aku potong menjadi 4 kemudian dibuka seperti gambar di bawah.



Aku sudah pernah buat pola dasar. Nah dari pola dasar itu tinggal potong deh di bagian bahu seperti gambar ini.


Dari pola 2 persegi panjang yang sudah dibuka di 4 bagian dan pola dasar yang dipotong bagian bahunya, sekarang aku pasang di kain. Kemudian kainnya aku potong. Di pola dasar yang dipotong bagian bahunya aku tambah sekitar 2 x 5 cm supaya DIY off shoulder top yang aku buat super longgar. 
Aku memang suka pakai pakaian super longgar karena angin bisa masuk ke dalam baju. Jadi pas banget untuk dipakai di iklim Indonesia, Semarang khususnya yang super panas tapi banyak angin sepoi-sepoi ini. 


Pola di atas dibikin dua kali; satu untuk pola depan dan satu untuk pola belakang. Kemudian pola depan dan pola belakang dijahit jadi satu. Untuk yang pola persegi panjang yang sudah dimodifikasi, yang dijahit adalah bagian pinggir-pinggirnya, yaitu bagian yang lebih pendek. Untuk pola dasar yang dipotong bagian bahu, yang dijahit juga bagian pinggirnya, kalau yang ini bagian yang lebih panjang.


Setelah bagian depan dan bagian belakang dijahit, sekarang jahit bagian bawah baju. Caranya adalah dengan dilipat sekitar 1 cm dua kali sehingga tampak seperti di gambar.


Dari luar tampak seperti ini.
Kemudian potong kain panjang selebar 2,5 cm dengan panjang sepanjang mungkin.

* (lebar bahu) ditambah sekitar 4 cm untuk sisa jahitan


Lipat jadi dua seperti gambar.


Kain panjang yang sudah terlipat dua tadi untuk menutup bagian pola dasar yang melengkung.


Pasang di bagian melengkung atau sebut aja bagian ketiak.


Dijahit. Kemudian balik dan jahit ulang dari sisi yang berlawanan.


Hasilnya seperti ini nih.


Cakep kan?


Sekarang bagian pola dasar yang sudah dipotong bagian bahu ditumpuk dengan bagian persegi panjang yang sudah dimodifikasi. Jadi ada tiga lapis nih.


Potong kain memanjang dengan lebar sekitar 3 cm dan panjang *(panjang bahu) + 4 cm (untuk jahitan). Buat 2 potongan kain panjang.
Kemudian susun seperti di gambar. Kalo sudah disusun, dipasang dengan jarum pentul, kemudian jahit.


Kira-kira jahitnya jadi begini nih.


Jahitannya ditekuk lagi kemudian jahit pas di bagian jahitan supaya rapi. Bagian ini emang tricky sih. Aku butuh latihan berkali-kali sampai jadi rapi.


Ini bagian belakangnya ya. Tapi yang dijahit bagian depan ya. Sekali lagi supaya rapi.


Jahit. Jahit. Jahit

Jahitan tadi disisakan sedikit untuk memasukkan elastik. Aku memasukkan elastik dengan bantuan peniti. Pelan-pelan dan butuh kesabaran.


Taraaaaaa. DIY off shoulder top nya jadiiiii.


Gampang kannn? Iya kannnn? Kamu mau bikin juga? Atau mau dibikinin aja?

-Dinilint-

Pssssttt,,, pola awal aku sebenernya kegedean karena aku nambahin ukurannya terlalu banyak, jadi sempet aku kecilin dikit dari gambar-gambar di atas.

Komentar

  1. wahhhh bisa toh membuat sendiri baju kayak gini. selama ini pasrah ngasih bahan ke tukang jahit terima beress.. TFS ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaaaaa,,, aku belajar jahit sendiri, karena tiap pasrah ke tukang jahit hasilnya nggak sama dengan yang aku mau sih

      Hapus
  2. Jadi pengeeennn...
    Ntar dah kalo khilaf sama anak wedhok...
    Hunting bahan berdua, ngikutin petunjuk di atas berdua, hasilnya pasrah dulu saja.
    Hehehehe

    ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba aja dulu kalo pengen. Hasil urusan belakangan. ;)

      Hapus
  3. aishhhh keren banget ! aku pemalas kayaknya mbak. tapi sumpah idenya ok banget secara off shoulder lagi in banget kan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahah,, kalo malas banyak yg jual tinggal pake mbak,,, aku juga kalo nemu yg luci tinggal pake suka beli kok. Hehehe

      Hapus

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)

Postingan Populer